Home » » Cara Membuat Recent Posts bag. I

Cara Membuat Recent Posts bag. I

Seperti yang kita ketahui, recent post adalah sebuah frase yang berasal dari bahasa Inggris yang artinya postingan terbaru. Sedangkan widget recent post artinya widget yang berfungsi menampilkan postingan-postingan terbaru. Sesuai dengan namanya, widget ini akan menampilkan postingan2 terbaru, tapi enggak satu postingan penuh melainkan dalam bentuk mini. Yang bagaimana bentuk mini itu? Maksudnya dipersingkat. Dengan kata lain, dalam bentuk judul saja, atau judul disertai sedikit keterangan, atau judul + sedikit keterangan + tanggal postingan. Semua itu bisa disetting sesuai kehendak.

Lalu bagaimana cara membuat widget recent post ini? Copy pastekan aja kode di bawah ini di side bar sobat modif. Berikut kodenya:



<script src="http://sites.google.com/site/anasku2000/post-terakhir.js"></script>
<script>
var numposts = 10;
var showpostdate = false;
var showpostsummary = false;
var numchars = 100;
</script>
<script src="http://modifblogmu.blogspot.com/feeds/posts/default?orderby=published&amp;alt=json-in-script&amp;callback=rp">
</script>

Settinglah sesuai kehendak kode di atas. Berikut panduannya:


var numposts      ----->   akan menampilkan judul, fungsinya untuk mengatur jumlah judul postingan yang akan ditampilkan. Maka, gantilah 10 dengan angka lainnya sesuai dengan jumlah postingan yang ingin dikehendaki.

var showpostdate     ----->  akan menampilkan tanggal postingan tersebut dipublish. Jika false maka tanggal tidak akan ditampilkan. Dan jika true maka tanggal ditampilkan.

var showpostsummary    ----->  untuk menampilkan sedikit keterangan dari judul / isi postingan. Ganti false jika tidak ingin ditampilkan dan true jika ingin ditampilkan.

var numchars   ------>  hanya akan berfungsi jika   “ var showpostsummary “  sama dengan true. Fungsinya untuk mengatur jumlah huruf yang ingin tampil pada keterangan.

Ganti   http://modifblogmu.blogspot.com   dengan URL blog sobat modif.

Special for sobat, related posts bro :

1. recent posts + thumbnail
2. recent posts + thumbnail + simpel spy
3. recent posts berdasarkan label


Nah, sekarang sobat sudah memiliki widget recent post di blog sobat. Dan kini, tiap siapa aja yang datang ke blog sobat, bisa dengan mudah melihat postingan terbaru dari blog sobat. Salam blogger tutorial !!
Baca juga yang ini:

3 comments:

Leave a Reply